Recents in Beach

Apa Itu IHSG? Pengertian dan Grafik

Indeks Harga Saham Gabungan yang disingkat IHSG atau secara internasional dikenal dengan Indonesia Composite Index (ICI) tentu tidak asing tidak hanya bagi kalian yang belajar ekonomi tetapi juga bagi masyarakat umum. IHSG sering muncul di Televisi serta berbagai koran dan majalah. Bagi kalian yang suka investasi khususnya di pasar modal, IHSG tentu menjadi salah satu parameter penting.

IHSG adalah indeks yang mengukur rata-rata pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jadi, menggunakan IHSG, investor tidak perlu menilai satu persatu harga saham perusahaan go-publik. Cukup dengan IHSG, kita dapat mengetahui bursa sedang lesu (bearish) atau bersemangat (bullish). Oiya, karena IHSG merupakan rata-rata pergerakan saham, bisa jadi saham suatu perusahaan meningkat saat IHSG sedang turun dan sebaliknya, mungkin saham suatu perusahaan turun disaat IHSG menunjukan tren kenaikan.

IHSG juga bisa menjadi salah satu indikator perekonomian suatu negara. Misalkan, pada saat Covid-19 melanda Indonesia dan investor menganggap Indonesia akan jatuh ke jurang resesi. Maka, investor akan segera menarik dana portfolio mereka. Alhasil, IHSG anjlok. Sebaliknya, sentimen positif seperti ditemukannya vaksin Covid-19 akan membuat optimisme investor naik, dan mulai menanamkan investasi portfolio ke Indonesia, sehingga IHSG meningkat.

Selain IHSG, juga banyak indeks yang dipakai di Indonesia seperti LQ45, Kompas 100, PEFINDO25, Jakarta Islamic Index (JII), dsb. Indeks-indeks tersebut akan kita bahas di atikel lain ya.

Untuk kalian yang penasaran dengan IHSG, berikut merupakan grafik pergerakan IHSG:


Sumber gambar: www.bisnis.com

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kak, request dong perbedaan LQ45, PEFINDO 25, KOMPAS100?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih requestnya kak. Nantikan di artikel-artikel kami berikutnya.

      Hapus