Recents in Beach

Perbedaan Error dan Residual Regresi

Dalam mata kuliah ekonometrika, mahasiswa sering mengalami kebingungan untuk membedakan antara Error dan Residual dalam regresi. Wajar sih karena sebenarnya kedua istilah tersebut mirip tapi beda (bahasa gaulnya 11:12). Hehehe.. Yuk langsung aja dibahas biar bisa tidur nyenyak.

"Error dan Residual sama-sama merupakan selisih antara nilai prediksian (predicted value) dan nilai aktual (actual value)."

Pasti sudah tahu dong ya, kalau garis regresi titik prediksian jarang 100% fit dengan nilai aktualnya. Berikut merupakan ilustrasinya:

Gambar diatas menunjukan garis regresi hubungan antara luas rumah dan tagihan listrik per bulan. Terlihat bahwa terdapat selisih antara nilai prediksian dan nilai aktual yang disimbolkan dengan "e". Nah, yang menjadi pembeda adalah:
  • Error merupakan selisih antara nilai prediksian (predicted value) dan nilai aktual (actual value) untuk data populasi
  •  Residual merupakan selisih antara nilai prediksian (predicted value) dan nilai aktual (actual value) untuk data sampel
Sekarang sudah paham kan perbedaannya? Jadi kalau dikelas biar keren harus bisa menyebutkan "error dari regresi data populasi" atau "residual dari regresi data sampel".

Thumbnail: www.lektur.id

Posting Komentar

0 Komentar